12/29/2013



Dibawah ini  adalah sekilas tentang aplikasi WHO antro 2005. Disini sedikit dijelaskan apa itu  WHO antro dan apa fungsinya serta bagai mana penggunaannya dan  bagaimana keunggulan serta kelemahannya.
Cekidot!!!

WHO Antro 2005 adalah adalah sebuah aplikasi yang dapat kita gunakan untuk mengukur status gizi melalui penghitungan BB (berat badan) dan TB (tinggi badan) berdasarkan consensus yang baru. Aplikasi ini juga menggunakan  6 parameter secara longitudinal yaitu BB, TB, LiLa, LiKa, TSF dan SSF. Dari 6 parameter, ditambah umur dihasilkan 8 indeks status gizi yaitu BB/TB, TB/U, BB/TB, IMT/U, LiLa/U, LiKa/U, TSF/U, SSF/U.
Who antro 2005 berguna untuk mengumpulkan, mengolah data serta penghitungan status gizi seseorang. Who antro ini terbagi atas 2 macam, yaitu who antro dan who antro plus. Who  antro digunakan untuk perhitungan status gizi anak balita sedangkan who antro plus digunakan untuk perhitungan status gizi anak pra sekolah hingga remaja.
Menu dari kedua aplikasi ini sama saja yaitu terdiri dari 3 bagian utama yaitu
1.     Anthropometric Calculator
2.    Individual Assessment
3.    Nutritional Survey
Anthropometric calculator digunakan Layaknya kalkulator, berfungsi instant untuk menghitung cepat, hasilnya tidak disimpan. Setelah kalkulasi kedua dilakukan, yang pertama hilang. Demikian halnya menu 1 dari software Anthro 2005 ini. Anthropometric Calculator cocok digunakan untuk konselling individu. Hasil olah status gizi dapat divisualisasikan langsung kepada klien (ibu dari balita yang diukur parameter antropometrinya.
Individual assessment digunakan untuk mengumpulkan dan menyimpan data anak-anak yang berulang kali diperiksa dari lahir sampai usia 5 tahun. Data yang dikumpulkan dapat terdiri dari antropometri dan / atau perkembangan motorik.Tampilan grafis dalam modul ini menawarkan pemandangan kunjungan satu atau beberapa.Fungsi ini membantu untuk memvisualisasikan tren pertumbuhan anak. Modul IA adalah sangat berguna untuk dokter anak yang ingin memantau pertumbuhan anak-anak menghadiri klinik mereka atau bagi para peneliti mengumpulkan data longitudinal.
Nutritional survey digunakan untuk mengolah data astatus gizi balita hasil pengumpulan data secara cross sectional (survey/penelitian). Data entry bias dilakukan langsung dari aplikasi Anthro ini dan bias juga dientri dengan software terpisah, kemudian diolah dengan software Anthro 2005. Adapun cara pemasukan dan pengolahan data pada nutritional survey ini yaitu seperti langkah-langkah dibawah ini:
1.         Buka aplikasi who antro 2005
2.         Klik nutritional survey
3.         Klik tanda tambah ( + ) lalu masukkan identitas lalu save
4.       Entri data
Memulai mengentri data klik , untuk membuka record yang sudah dientri untuk tujuan melihat atau mengefit, klik  dan untuk mendelete record tertentu arahkan cursor ke record yang akan dihapus, lalu klik icon . Selesai mengentri 1 sampel klik save.
5.       Lihat hasil (result)
Hasil entri data dapat dilihat secara aggregate (keseluruhan). Pada grafik di atas terlihat 2 buah grafik, grafik warna merah adalah hasil olah dari data yang dientrikan dan grafik hjau adalah standar atau Baku Rujukan WHO 2005.yang bias dilihat dalam grafik ini adalah normalitas data dan posisi data dibandingkan dengan standar yang digunakan.
6.         Export data ke database format lain
7.       Pengolahan data lanjutan dengan software yang sesuai dengan kebutuhan seperti exel dan SPSS
-          Exel digunakan untuk pengolahan data secara otomatis yang dapat berupa perhitungan dasar, rumus, pemakaian fungsi-fungsi, pengolahan data dan tabel, pembuatan grafik dan menajemen data.
-            SPSS dapat digunakan untuk pengklasifikasian data atau mempermudah kita dalam mengolah data,sehingga data yang kita punyai bisa menjadi data yang mudah dibaca. Sebagai contohnya yaitu mengolah data penilaian status gizi.

Kelemahan dan keunggulan dari aplikasi WHO antro 2005 ini adalah:
Kelebihan : kita dapat meninjau status gizi anak dan memantau serta mengikuti pertumbuhan dan perkembangan anak.
Kekurangan : sofware hanya bisa dilakukan untuk mengentry data dan tidak bisa dilakukan untuk pengolahan lebih lanjut seperti SPSS dan Mc. Excel


Kesimpulan:
          Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa WHO antro2005 sangat cocok digunakan dalam pengukuran status gizi seorang anak dengan cepat. Namun aplikasi ini tetap memiliki kelemahan yaitu tidak dapat menyimpan data dalam artian hanya dapat dipakai dalam satu waktu saja. WHO antro ini juga memerlukan aplikasi lain sebagai penunjang agar lebih efektif, baik, dan mudah dalam pemakaiannya yaitu menggunakan aplikasi exel dan SPSS.
          Untuk contoh hasil SPSS DAN EXEL bisa klik  dibawah ini:

1 komentar: