1/08/2013


Posting aku kalii ini, akan membahas tentang cara membuat laporan tahunan yang dibuat dalam MICROSOFT EXCEL, agak ribet sih sebenarnya kalo bikin laporan tahunan kayak gini, Cuma aku bakal berii cara yang simple dan gak ribett buat temen-temen yang mau bikin laporan tahunan. Okeee, , ,cekidoottt , ,!!!
CARA MEMBUAT LAPORAN TAHUNAN
*  Pertama
          Buka aplikasi microsofexel yang ada dikomputer kamuu, ,
Kedua
          Buat 20 sheet dilembar kerja muu,  ,
Ketiga
          Beri nama pada setiap sheet yang ada, dengan format:
pada sheet 1  beri nama “data”
pada sheet 2 beri nama bulan “januari”
pada sheet 3 beri nama “februari”
pada sheet 4 beri nama “maret”
pada sheet 5 beri nama caturwulan 1 atau kita singkat dengan “cw1”
pada sheet 6 beri nama “april”
pada sheet 7 beri nama “mei”
pada sheet 8 beri nama “juni”
pada sheet 9 beri nama caturwulan 2 atau kita singkat dengan “cw2”
pada sheet 10 beri nama semester 1 atau kita singkat dengan “sem1”
pada sheet 11 beri nama “juli”
pada sheet 12 beri nama “agustus”
pada sheet 13 beri nama “ september”
pada sheet 14 beri nama caturwulan 3 atau kita singkat dengan “cw3”
pada sheet 15 beri nama “oktober”
pada sheet 16 beri nama “november”
pada sheet 17 beri nama “desember”
pada sheet 18 beri nama caturwulan 4 atau bisa disingkat “cw4”
pada sheet 19 beri nama semester 2 atau kita singkat dengan “sem2”
dan yang terakhir pada sheet 20 beri nama “tahun”
Dan untuk lebih enak dilihat nii,  ,sebaiknya kita beri warna yang berbeda-beda pada setiap sheetnya, , J
*  keempat
Buatlah data yang diperlukan atau data yang digunakan pada sheet 1 dalam laporan tersebut. Dan pada data tersebut sebaiknya kita memberi nama pada setiap kolom yang ada, sehingga untuk sheet berikutnya kita mudah untuk memanggil data yang ada pada sheet data kita.
Kelima
Pada sheet2 kita buat data dalam bentuk tabel, dan apabila kita memakai singkatan-singkatan pada nama kolomnya kita bisa memberi comment pada setiap kolom.  Dengan cara: klik kanan-pilih insert comment-tulis pengertian dari singkatan yang kita buat tersebut. Ini memudahkan kita untuk mengingat singkatan-singkatan yang kita buat.
Keenam
          Setelah data sudah lengkap kita isikan disetiap kolom, namun ada beberapa rumus exel yang dapat kita gunakan untuk melengkapi data tabel  tersebut.
Ada beberapa rumus yang dapat dipakai seperti:
Untuk menentukan Jumlah: =SUM(cell yang akan di sum)
untuk menentukan rata-rata : =AVERAGE(cell yang akan di rata-ratakan)
dan berapa banyak data yang diperlukan : =COUNTIF(cell yang bersangkutan)

Ketujuh
dibawah tabel beri catatan atau hasil dari data tabel :  membuatnya juga menggunakan panggilan nama yang kita buat pada sheet 1

contohnya : "Catatan: pada bulan JANUARI ini jumlah posyandu yang perlu dibina D/Snya adalah 4 posyandu dan N/D sebanyak 2 posyandu."

Kedelapan
          berikan tanggal pembuatan serta orang yang menyetujui laporan.

Kesembilan
Tambahkan diagram sesuai dengan tabel yang dibuat.
langkah-langkahnya : 
- Blok data yang ingin dibuat dalam bentuk diagram
- pilih insert > chart >diagram yang diinginkan > klik kanan dalam tabel > klik add data labels > ok
- Edit tampilan diagram sesuai keinginan

Kesepuluh
Untuk membuat sheet selanjutkan, copy data yg dibuat dari sheet dua (data bulan januari).
Dan edit sesuai keinginan.

          Gimana, ,  ,?? Gampangg kann??

SELAMAT MENCOBA!!!

1 komentar:

  1. 3-G Steel - Titanium Price Per Pound - Titanium Art
    3.G Steel - titanium build for kodi Stainless Steel titanium tv apk is a edc titanium stainless steel, non-adjustable surface that offers gaggia titanium you the ultimate steel fit for your comfort womens titanium wedding bands and

    BalasHapus