Posting aku kalii ini, akan membahas
tentang cara membuat laporan tahunan yang dibuat dalam MICROSOFT EXCEL,
agak ribet sih sebenarnya kalo bikin laporan tahunan kayak gini, Cuma aku bakal
berii cara yang simple dan gak ribett buat temen-temen yang mau bikin laporan
tahunan. Okeee, , ,cekidoottt , ,!!!
CARA MEMBUAT LAPORAN TAHUNAN

Buka
aplikasi microsofexel yang ada dikomputer kamuu, ,
Kedua
Buat
20 sheet dilembar kerja muu, ,
Ketiga
Beri
nama pada setiap sheet yang ada, dengan format:
pada sheet 1 beri nama “data”
pada sheet 2 beri nama bulan “januari”
pada sheet 3 beri nama “februari”
pada sheet 4 beri nama “maret”
pada sheet 5 beri nama caturwulan 1 atau
kita singkat dengan “cw1”
pada sheet 6 beri nama “april”
pada sheet 7 beri nama “mei”
pada sheet 8 beri nama “juni”
pada sheet 9 beri nama caturwulan 2 atau
kita singkat dengan “cw2”
pada sheet 10 beri nama semester 1 atau
kita singkat dengan “sem1”
pada sheet 11 beri nama “juli”
pada sheet 12 beri nama “agustus”
pada sheet 13 beri nama “ september”
pada sheet 14 beri nama caturwulan 3
atau kita singkat dengan “cw3”
pada sheet 15 beri nama “oktober”
pada sheet 16 beri nama “november”
pada sheet 17 beri nama “desember”
pada sheet 18 beri nama caturwulan 4
atau bisa disingkat “cw4”
pada sheet 19 beri nama semester 2 atau
kita singkat dengan “sem2”
dan yang terakhir pada sheet 20 beri
nama “tahun”
Dan untuk lebih enak dilihat nii, ,sebaiknya kita beri warna yang berbeda-beda
pada setiap sheetnya, , J

Buatlah data yang
diperlukan atau data yang digunakan pada sheet 1 dalam laporan tersebut. Dan
pada data tersebut sebaiknya kita memberi nama pada setiap kolom yang ada,
sehingga untuk sheet berikutnya kita mudah untuk memanggil data yang ada pada
sheet data kita.
Kelima
Pada sheet2 kita buat
data dalam bentuk tabel, dan apabila kita memakai singkatan-singkatan pada nama
kolomnya kita bisa memberi comment pada setiap kolom. Dengan cara: klik kanan-pilih insert
comment-tulis pengertian dari singkatan yang kita buat tersebut. Ini memudahkan
kita untuk mengingat singkatan-singkatan yang kita buat.
Keenam
Setelah
data sudah lengkap kita isikan disetiap kolom, namun ada beberapa rumus exel
yang dapat kita gunakan untuk melengkapi data tabel tersebut.
Ada beberapa rumus yang dapat dipakai
seperti:
Untuk menentukan Jumlah: =SUM(cell yang
akan di sum)
untuk menentukan rata-rata : =AVERAGE(cell yang akan di rata-ratakan)
dan berapa banyak data yang diperlukan : =COUNTIF(cell yang bersangkutan)
untuk menentukan rata-rata : =AVERAGE(cell yang akan di rata-ratakan)
dan berapa banyak data yang diperlukan : =COUNTIF(cell yang bersangkutan)
Ketujuh
dibawah
tabel beri catatan atau hasil dari data tabel : membuatnya juga
menggunakan panggilan nama yang kita buat pada sheet 1
contohnya : "Catatan: pada bulan JANUARI ini jumlah posyandu yang perlu dibina D/Snya adalah 4 posyandu dan N/D sebanyak 2 posyandu."
contohnya : "Catatan: pada bulan JANUARI ini jumlah posyandu yang perlu dibina D/Snya adalah 4 posyandu dan N/D sebanyak 2 posyandu."
Kedelapan
berikan
tanggal pembuatan serta orang yang menyetujui laporan.
Kesembilan
Kesembilan
Tambahkan diagram
sesuai dengan tabel yang dibuat.
langkah-langkahnya :
- Blok data yang ingin dibuat dalam bentuk diagram
- pilih insert > chart >diagram yang diinginkan > klik kanan dalam tabel > klik add data labels > ok
- Edit tampilan diagram sesuai keinginan
langkah-langkahnya :
- Blok data yang ingin dibuat dalam bentuk diagram
- pilih insert > chart >diagram yang diinginkan > klik kanan dalam tabel > klik add data labels > ok
- Edit tampilan diagram sesuai keinginan
Kesepuluh
Untuk membuat sheet selanjutkan, copy data yg dibuat
dari sheet dua (data bulan januari).
Dan edit
sesuai keinginan.
Gimana, , ,?? Gampangg kann??
SELAMAT
MENCOBA!!!
3-G Steel - Titanium Price Per Pound - Titanium Art
BalasHapus3.G Steel - titanium build for kodi Stainless Steel titanium tv apk is a edc titanium stainless steel, non-adjustable surface that offers gaggia titanium you the ultimate steel fit for your comfort womens titanium wedding bands and